Selasa, 25 November 2008

Sains Dan Angka

Banyak orang berpikir dan berprasangka bahwa yang namanya sains adalah hitungan-hitungan dalam fisika dan hal-hal yang berkaitan dengan reaksi-reaksi kimia, ini membuat orang malas mempelajari sains (termasuk saya). Hal ini membuat saya berpikir, kenapa sih, yang namanya IPA harus pakai hitungan segala?.
Saya sebenarnya suka dengan ilmu-ilmu seperti fisika dan kimia. Di rumah, tak bosan-bosannya saya membaca karyanya Stephen Hawking yang berjudul "Riwayat Sang Kala, Dari dentuman besar sampai lubang hitam." karena buku itu memaparkan sains, khususnya kosmologi dengan gamblang, karena memang ditujukan kepada kalangan awam. Namun di sekolah, mendadak saja saya kehilangan selera dengan ilmu-ilmu itu, karena apa? lagi-lagi karena banyaknya hitungan dan persamaan-persamaan. Untunglah itu tidak selalu terjadi, terkadang ketika sedang semangat atau sedang membayangkan masa depan yang gemilang di jalur sains, maka insya Allah ilmu-ilmu macam itu akan saya hadapi dengan kepala dingin.

Tidak ada komentar: